Sabtu, 03 November 2012

FRANSISKA`S SWEETEST BLOGspot.COM

1. AKSARA JAWA
 ADALAH aksara yang unik karena bukan sekedar lambang bunyi yang juga berfungsi estetik dan kultural. Yang dimaksud fungsi estetik disini adalah penggunaan aksara jawa untuk menciptakan jarya seni baik audio (mis. Rima ), maupun visual (mis. Kaligrafi) sedangkan yang dimaksud fungsi kultural adalah penggunaan aksara jawa berkaitan dengan astrologi dan astronomi jawa (mis. petungan ramalan dan petungan mangsa), mantra dan rajah. Selain aksara jawa, ada banyak lagi penulisan aksara jawa yang bisa melengkapi semua kalimat, seperti : aksara pasangan, aksara rekan, aksara murda. Nah, jika kalian tidak paham tentang penulisan itu, mari kita bahas satu persatu *_*.

  •  AKSARA PASANGAN Adalah kalau dalam bahasa indonesia aksara ini digunakan untuk melengkapi huruf yang berpangkat mati. Aksara pasangan terbagi dibagi menjadi 2 macam, yaitu : AKSARA PASANGAN BERDASARKAN TEMPAT PENULISANNYA dan AKSARA PASANGAN BERDASARKAN BENTUKNYA. TENANG !!!!!! JANGAN BINGUNG YA ... SAYA AKAN MENERANGKANNYA JUGA KQ,, oc..
 • BERDASARKAN TEMPAT PENULISANNYA DIBAGI JADI DUA, YAITU :
 1. Sejajar : Ha, Sa, Pa
 2. dibawahnya : ada 17 ( semuaaksara pasangan yang selain huruf HA, SA,PA )
• BERDASARKAN BENTUKNYA DIBAGI JADI 3, YAITU :
 1. Sama bentuknya seperti aksara jawa : Ra, Ya, Ga, Nga
 2. Kakinya hilang sebelah : HA, Ka, Ta, La, Pa
 3. Seperti huruf biasa : Na, Ca, Sa, Dha, Ja, Nya, Ma, Ba, Tha
 4. Tidak Sama : Da, Wa 

  • AKSARA REKAN ( dalam bahasa jawa yah :D )
Aksara tegese huruf = Rekan tegese kanca. Dadi, aksara rekan dianakake kanggo madahi ukara – ukara saka basa manca khususe basa arab kang ora ana ing aksara jawa. Pungkasane aksara rekan yaiku aksara jawa kang wis di reka – reka kanggo nulis aksara manca mligine saka basa arab.

  •  AKSARA MURDA
 Adalah kalau dalam bahasa indonesia dinamakan dengan huruf besar atau huruf kapital. Ytujuan dari aksara murda adalah untuk tata perunggu yaitu untuk menghormati. Yang harus ditulis dalam aksara murda yaitu 1.) tuhan (allah), 2.)nabi, 3.) raja lan ratu, 4.) nama gunung. Tapi jika tidak ada huruf murdanya juga tidak apa apa, pakai saja aksara lain yang bisa melengkapinnya. 
Jika ingin MEMPELAJARINYA, INI DIA, TINGGAL TULIS HURUF PER HURUF agar bisa dijadikan suatu KALIMAT 




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar